gempa-jepang

Gempa 7.3 Magnitude di Prefektur Fukushima, Jepang

Rabu, 16 Maret 2022, Jam 23:36 JST.

Prefecture Fukushima dan Prefecture Miyagi, Jepang, kembali dihantam gempa yang cukup besar dengan kekuatan gempa 7,3 Magnitude, Sindo 6.

Pusat Gempa berada di lepas pantai prefektur Fukushima, 60 KM selatan tenggara semenanjung Oshika.

Belum dipastikan berapa banyak korban jiwa dan kerusakan fasilitas. Namun gempa ini dirasakan sampai ke daerah utara (atas) Jepang, seperti di beberapa daerah di Pulau Hokkaido dan juga ke daerah selatan (bawah) Jepang di beberapa daerah di pulau Shizuoka.

Semua masyarakat di daerah tersebut diharapkan berlindung di tempat yang sudah di tunjukan oleh pemerintah, karena ada kemungkinan terjadinya Tsunami.

Ini adalah klasifikasi daerah di Jepang yang paling berdampak berdasarkan parameter kekuatan goyangan (SINDO)

Sindo 6 Kuat: Miyagi, Fukushima.
Sindo 6 Lemah: Miyagi Chuubu.
Sindo 5 Kuat: Iwate, Yamagata .
Sindo 5 Lemah: Aomori, Iwate pantai selatan, Akita, Yamagata Shonai, Fukushima Aizu, Ibaraki, Tochigi, Niigata.
Sindo 4-3: Aomori Tsugaru Utara, Aomori Tsugaru Selatan, Akita selatan, Chiba, Tokyo, Kangawa, Yamanashi, Nagao , Shizuoka, Hokkaido (Ishikari, Tokachi, Sorachi, Hidaka, Kushiro, Nemuro) Akita Utara, Saitama, Gifu, Niigata, Ishikawa, Gifu, Mie Utara.

Untuk daerah Pulau Kyushu dan Pulau Okinawa tidak merasakan gempa tersebut.

Gempa ini sempat membuat sedikit kepanikan, menginggat 11 Tahun lalu, di prefekture yang sama juga terkena gempa dan tsunami dengan berkekuatan 9 Magnitude, Sindo (goyangan) 7 dan menyebabkan tsunami yang memakan banyak korban jiwa.

Catatan: MAGNITUDE (マグニチュード) adalah Ukuran seberapa besar energi atau kekuatan pada pusat gempa. Sedangkan SHINDO (震度) adalah Ukuran seberapa besar Kekuatan GOYANGAN pada permukaan bumi yang muncul akibat pengaruh kekuatan gempa tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *