Persentase Pengunaan Sistem Operasi Populer

Sistem Operasi adalah perangkat lunak yang mendukung fungsi dasar suatu komputer. Pengertian komputer pada jaman sekarang tidak hanya terbatas pada laptop, PC desktop, maupun server. Tapi juga gadget seperti tablet, telepon seluler (sering di sebut hape), Smartwatch, STB (Set Top Box) atau TVBox. Tidak lupa pula, perangkat pintar seperti router, modem, IoT.

Sampai dengan bulan September 2022, sistem operasi yang paling banyak digunakan berdasarkan akses ke web adalah: Android (43%), Windows (29%), iOS (18%), macOS (6%) dan Linux (desktop) yang berkisar 1.1%. Untuk pembagiannya:

  • Ponsel atau perangkat sejenisnya, Android memiliki pangsa pasar sekitar 72%, diikuti iOS sebesar 28%.
  • Komputer desktop ataupun laptop dan perangkat sejenisnya, dirajai Windows (74%). Diurutan dua, macOS (14%) dan Linux (desktop linux ataupun ChromeOS) dikisaran 5%.
  • Perangkat tablet dikuasai oleh iPadOS (52%) diikuti Android (48%).

Android yang merupakan Sistem Operasi dengan pengguna terbanyak –termasuk juga iOS– secara mengejutkan dapat menguasai pasaran hanya dalam jangka waktu 15 tahun (Android diluncurkan November 2007 dan iOS pada September 2007). Hal ini dapat terjadi karena semakin canggih dan majunya teknologi manufaktur prosesor. Dari tahun 2007 yang mana telepon selular hanya menggunakan CPU secukupnya, di kemudian waktu (~2015) mulai dapat menggunakan prosesor bertenaga besar yang dapat menyaingi laptop ataupun komputer desktop, walaupun saingannya hanya dengan prosesor sekelas Intel Atom.

Hal lainnya adalah semakin terjangkaunya harga perangkat telepon selular dan sejenisnya. Bila dulu kita perlu merogoh kantong sebanyak 9 juta rupiah, di masa sekarang, kita bisa memiliki ponsel dengan performa berkali lipat dari ponsel sekelas nokia tersebut (seperti Nokia E90) hanya dengan harga kurang dari kurang dari 2 juta rupiah.

Dan karena semakin bertenaganya prosesor yang digunakan, semakin beragam pula aplikasi yang bisa disematkan di perangkat ponsel ataupun tablet. Dan karena fungsi utamanya yang merupakan alat komunikasi (telepon), salah satu kebutuhan mendasar manusia modern, otomatis lebih banyak dicari dan dimiliki daripada perangkat seperti laptop dan komputer desktop. Terlebih lagi, banyak hal yang dulunya hanya dapat dikerjakan di perangkat laptop dan komputer desktop, sekarang telah dapat dilakukan pula di telepon selular menjadikannya lebih populer, selain menyebabkan penurunan pembelian perangkat komputer desktop maupun laptop.

Seiringan dengan semakin berkembangnya pengunaan perangkat IoT, akan ada perkembangan pula untuk sistem operasi yang digunakan. Mari kita lihat perkembangannya beberapa tahun lagi.