Interview dengan Osama Eljamal, peserta demonstrasi “Free Palestine”

Jumat, 3 November 2023, Fukuoka City. Jepang.

Kabar Jepang: Mr. Osama bisakah Anda menjelaskan sedikit tentang diri Anda, seperti
pekerjaan Anda di Jepang dan umur Anda saat ini?

Mr. Osama: Saya orang Palestina. Umur saya sekarang 49 Tahun, Saat ini saya sedang studi di Universitas Kyushu, di bagian Environment Engeneering, kampus di daerah Minami Ku, Ohashi, Kota Fukuoka.

Kabar Jepang: Mr. Osama, jelaskan tujuan Anda dan teman-teman semua disini melakukan
demonstrasi FREE PALESTINE di kota ini.

Mr. Osama: Tujuan utama kita satu, Kita menyadarkan banyak orang, kita bertujuan agar orang melihat bahwa apa yang dilakukan Israel di Palestina khususnya di Gaza adalah tindakan yang suguh biadab. Dan kami juga mempertanyakan tindakan dan perhatian pemerintahan Jepang (masyakat Jepang) sangatlah tidak adil, bagaimana pemerintahan Jepang melakukan bantuan kepada Ukraina sangatlah berbeda dibandingkan dengan apa yang di alami masyarakat Palestina di Gaza. Disini kita menuntut, di mana keadilan!

Kabar Jepang: Mr. Osama, saya yakin Anda tau bahwa perang ini disebabkan dan dipicu oleh serangan Hamas ke daerah Israel pada tanggal 7 Oktober lalu? Dan berikan pandangan Anda tentang hal ini dan penilaian Anda tentang HAMAS itu seperti apa?

Mr. Osama: Saya sangat heran dan terkejut, kenapa hal ini bisa terjadi. Bisa kita ketahui bahwa intelijen dan pertahanan Israel adalah yang terbaik di dunia, dan kenapa ini bisa terjadi, saya berfikir ini sangat aneh!

Kabar Jepang: Maksud Anda? Ini semua rekayasa buatan Israel?

Mr. Osama: Bisa jadi! We don’t know. Dan apa yang dilakukan Hamas sangatlah kompleks karena ini berhubungan dengan sejarah, yang mana adanya ketidakadilan dan tindakan semena-mena Israel terhadap Palestina. Mereka perlahan-lahan mengambil tanah milik kita.

Kabar Jepang: Anda orang Palestina di Jepang, di Palestina bagian mana Anda lahir?

Mr. Osama: Kampung halaman saya ada 2, di Fukuoka dan di Gaza.

Kabar Jepang: Jadi maksudnya, Anda dilahirkan di Gaza, tempat di mana sampai saat ini masih terjadi perang?

Mr. Osama: Iya, Gaza adalah tempat lahir saya.

Kabar Jepang: Bagaimana dengan keluarga Anda di Gaza, dan apakah Anda sudah bisa menghubungi mereka?

Mr. Osama: Anak dan Istri saya tinggal bersama saya di kota Fukuoka, Jepang ini. Di Gaza, saya punya saudara pria 4 orang, saudara perempuan 4 orang, sampai saat ini mereka selamat. Setelah Tentara Israel menyerang Gaza, setelah itu saya tidak dapat menghubungi mereka semua, tapi baru kemaren saya bisa berbicara dengan mereka, tapi itu pun hanya beberapa menit lalu terputus. Anda sebagai orang Indonesia pasti tahu, bahwa di Gaza ada sebuah rumah sakit milik Indonesia yang lumayan besar dan rumah sakit itupun juga di serang oleh tentara Israel.

Kabar Jepang: Ya saya mengetahui hal tersebut. Jujur, saya sangat sedih mendengarnya, saya berharap perang segera berhenti dan dunia penuh dengan perdamaian. Terima kasih untuk waktunya.

KABAR JEPANG, November 2023.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *